Headlines News :
Home » » Bakteri Penyebab Jerawat: Propionibacterium Acnes

Bakteri Penyebab Jerawat: Propionibacterium Acnes

Written By Admin on Saturday, August 20, 2011 | 8/20/2011 03:49:00 PM

Bakteri Penyebab Jerawat: Propionibacterium Acnes

P Acnes alias Propionibacterium Acnes merupakan bakteri penyebab jerawat atau bisa juga kita sebut sebagai bakteri jerawat yang memiliki watak pertumbuhan atau perkembangbiakan yang relatif lambat. Sebelum melanjutkan pembahasan tentang bakteri jerawat, saya akan terlebih memberikan identitas Klasifikasi Ilmiah (Scientific Classification) atau Taksonomi dari Propionibacterium Acnes.

Kingdom : Bacteria
Phylum : Actinobacteria
Order : Actinomycetales
Family : Propionibacteriaceae
Genus : Propionibacterium
Species : P. Acnes

Untuk binomial name (nama binomial) bakteri jerawat ini disebut sebagai Propionibacterium acnes (Gilchrist 1900). P. Acnes merupakan jenis bakteri yang hidup tanpa memerlukan adanya oksigen atau bisa disebut sebagai bakteri anaerobik. Organisme yang hidup tanpa memerlukan oksigen biasa juga disebut memiliki tipical atau karateristik aerotolerant. Sang bakteri jerawati ini juga merupakan bakteri jenis Gram-Positif.

Seperti yang telah saya berikan di artikel lain, Bakteri jerawat dapat menyebabkan terjadinya peradangan pada jerawat. Genome dari P. Acnes dalam beberapa penelitian / study menunjukkan bahwa geberapa gen darinya memproduksi ensime yang dapat mendegradasi kulit dan protein.

Bakteri Jerawat ini sebagian besar ada pada kulit banyak orang dan berkarateristik commensal(commensal merupakan sifat dari hubungan 2 organisme yang secara signifikant tidak saling dirugikan: contoh hubungan antara burung dengan pohon). Ia hidup di daerah asam lemak (fatty acid) di kantung kelenjar minyak (sebaceous glands) pada kelenjar minyak (sebum) tersembunyi di dalam pori pori kulit. Untuk lebih jelasnya perbedaan antara sebaceous glands dan sebum liat gambar yang saya ambil dari wikipedia disamping. Selain ditemukan di daerah kelenjar minyak bakteri ini juga bisa ditemukan di daerah Gastrointestinal tract (pencernaan makanan??).

Nama dari Propionibacterium Acnes diambil karena bakteri ini dapat memproduksi atau menghasilkan asam propionik (propionic acid).

Bagaimana Bakteri Jerawat ini bisa menyebabkan Penyakit?

Ketika pori pori kulit terhalang atau "tidak bisa bernafas" maka bakteri yang sifatnya tumbuh dalam lingkungan yang anaerobic (tanpa oksigen) ini menjadi tumbuh sangat cepat dan mengeluarkan banyak bahan kimia untuk merusak jaringan jaringan pada pori pori kulit, dan menjatuhkan bakteri semisal Staphylococcus aureus ke kulit yang kemudian membentuk "luka jerawat" (acne lesion)
Tulisan diterjemahkan secara bebas dari:
http://en.wikipedia.org/wiki/Propionibacterium_acnes

Share this article :

1 comment:

  1. Dengan PSB (Plasma Super Biotik) jerawat akan hilang hanya dengan membersihkan wajah dengan kapas yang dibasahi dengan cairan PSB

    ReplyDelete

Selamat Datang Pengunjung

..::Selamat Datang di Blog Distributor Plasma Super Biotik::.. Blog Ini bukanlah website resmi dari "PSB Company" tetapi merupakan media informasi dari salahsatu Distributor Resmi Plasma Super Biotik.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PSB | Plasma Super Biotik - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template