Headlines News :
Home » » Mengenal Bakteri Menguntungkan

Mengenal Bakteri Menguntungkan

Written By Admin on Saturday, August 20, 2011 | 8/20/2011 03:08:00 PM


Mengenal Bakteri Menguntungkan





Bakteri merupakan organisme sel tunggal berukuran sangat kecil. Bakteri hidup di mana-mana, termasuk di dalam tubuh kita. Ya. Bakteri berperan dalam pencernaan di dalam tubuh. Jumlah bakteri yang menguntungkan jauh lebih banyak daripada jumlah bakteri merugikan. Bakteri membantu proses di dalam tubuh dan banyak berperan dalam lingkungan.



Manfaat Bagi Manusia

Di dalam tubuh manusia, terdapat jutaan bakteri menguntungkanyang berpartisipasi dalam berbagai proses. Jumlah bakteri dalam tubuh manusia mencapai 1 kg hingga 2,6 kg. Bakteri ini terdapat di seluruh bagian tubuh, terutama di usus untuk membantu pencernaan.



Bakteri juga berperan mencegah infeksi pada alat kelamin, misalnya karena infeksi jamur. Beberapa jenis bakteri berguna untuk menjaga pH tubuh dalam keadaan normal. Bakteri yang lain terlibat melindungi kulit dari berbagai infeksi.



Lactobacillus terdapat di vagina dan usus kecil. Kehadiran mereka dalam jumlah normal penting untuk membantu produksi vitamin K dan menjaga sistem imun. Bila jumlah Lactobacillus di bawah normal, seseorang dapat mudah terkena infeksi. Salah satu cara untuk menjaga keseimbangan jumlah Lactobacillus dalam tubuh adalah mengonsumsi yoghurt.



Escherichia coli atau sering disebut E. coli memegang peran penting dalam pencernaan makanan. E. coli dalam jumlah normal terdapat di usus besar. Bakteri E. coli melepaskan enzim yang berisi protein kompleks untuk membantu dan mempercepat pencernaan. E. coli juga terlibat dalam produksi vitamin K dan vitamin B12. Namun, ada juga jenis E. coli lain yang menyebabkan gangguan pencernaan, seperti diare.



Manfaat Bagi Lingkungan

Salah satu bakteri yang terkenal menguntungkan lingkungan adalahRhizobium. Bakteri ini sering disebut sebagai bakteri fiksasi nitrogen. Mereka terdapat di akar tumbuhan dan menjaga keberadaan nitrogen di atmosfer. Fungsi penting lain bakteri adalah menguraikan sisa-sisa materi organik untuk menjaga kesuburan tanah.



Ada pula bakteri Azotobacter yang mengubah gas nitrogen menjadi nitrat. Nitrat digunakan oleh Rhizobium untuk proses fiksasi nitrogen.



Manfaat Bagi Industri

Bakteri menguntungkan juga bermanfaat dalam industri. Berikut ini beberapa contoh penggunaan bakteri dalam industri.


  1. Bakteri membantu proses fermentasi, salah satunya adalah bakteri Lactobacillus. Bakteri ini digunakan dalam industri bir,anggur, yoghurt, dan keju.
  2. Bakteri berguna untuk pengolahan limbah. Mereka digunakan untuk menguraikan bahan organik menjadi gas metan. Ada juga bakteri yang dapat membersihkan tumpahan minyak di lautan.
  3. Industri farmasi menggunakan bakteri Streptomyces untuk memproduksi antibiotik seperti streptomycin dan tetracycline.Antibiotik digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri merugikan. Bakteri lain dalam kelas Streptomyces juga bermanfaat untuk memproduksi obat antijamur dan immunosuppressan yang direkomendasikan sebagai perawatan untuk kelainan autoimun

Sumber: http://www.anneahira.com

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Selamat Datang Pengunjung

..::Selamat Datang di Blog Distributor Plasma Super Biotik::.. Blog Ini bukanlah website resmi dari "PSB Company" tetapi merupakan media informasi dari salahsatu Distributor Resmi Plasma Super Biotik.
 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. PSB | Plasma Super Biotik - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template